Amankah Vape (Rokok Elektrik) Sebagai Pengganti Rokok

e-lifestyles - Anda seorang perokok?, jika iya, seringkah mendapat teguran dari orang sekitar anda?. Itu merupakan hal yang wajar karena asap rokok selain dapat merusak tubuh, juga sangat menggangu orang lain yang ada di sekeliling anda. Meskipun saya tidak merokok namun hampir semua teman-teman saya mempunyai kebiasaan buruk ini. Kenapa saya menyebutnya kebiasaan buruk, sudah jelas kan, merokok itu tidak ada gunannya malahan dapat merusak tubuh kita yang sehat ini.

Meskipun hal itu sudah disadari oleh para perokok, namun bukan hal yang mudah untuk berhenti merokok. Saat sekarang ini pemerintah tengah gencar memerangi rokok dengan menaikan harga barang ini juga menyebarkan slogan "Merokok Membunuhmu",  namun nyatanya tidak ada yang dapat menolong seorang pecandu rokok kecuali diri mereka sendiri. Cara berhenti menghisap rokok yang sedang pupuler saat ini adalah dengan memakai alternatif  lain untuk merokok dengan rokok elektrik, biasa orang menyebutnya vape, vapor atau vaping.

rokok elektrik vape
Seseorang sedang menikmati vape


Apa itu Vape / Vapor

Adanya Vape (Vapor) menjadi sebuah kabar gembira bagi para perokok, apa itu vape?, vape adalah rokok elektrik, yang namanya elektrik pasti membutuhkan energy listrik untuk menggunakannya, tenaga baterai dipakai sebagai sumber daya rokok elektrik vapor. Kata teman saya, sensasi yang didapat saat menghisap vape ini mirip dengan rokok batangan, namun yang membedakan vape dengan rokok biasa adalah asapnya yang wangi, aroma liquid yang harum ini terdapat banyak pilihan yang bisa dipilih sesuai selerah.

rokok elektrik vape
berbagai macam pilihan liquid vape

Secara sederhana, begini cara kerjanya, cairan liquid Vape yang menetes di kapas akan dipanaskan oleh listrik, sehingga menghasilkan asap yang wangi dan dapat langsung dihisap. Rokok elektrik ini pada umumnya mempunyai bentuk mirip tabung kecil yang memanjang (seperti rokok). Apakah anda mempertanyakan sehat tidaknya memakai vape?, sekedar untuk diketahui, parah ahli sampai saat ini masih dalam tahap penelitian, dan belum ada pernyataan resmi tetang sehat tidaknya menjadikan vape sebagai alternatif rokok yang aman.

vape
Cara kerja rokok elektrik vape / vapor


Amankah Merokok "Rokok Elektrik" Vape

Mungkin, kali ini anda akan berpikir dua kali untuk membeli rokok elektrik vape ini. Karena kemarin sempat menjadi viral di media sosial facebook tetang video seorang laki-laki yang sedang merokok rokok elektrik lalu tiba-tiba meledek, dan alhasil membuat giginnya rontok dan melukai wajahnya. Gambar ini diperoleh dari cctv keamanan yang ada di ruangan tempat laki-laki ini merokok yang merekam kejadian sial yang dialami pria malang itu.

rokok elektrik vape
Vape meledak dan melukai wajah pria ini

Jika kita perhatikan lebih detil lagi, pria ini mencoba menghisap rokok elektik ini untuk kedua kalinya dan meledak, karna saat pertama dia menghisap ternyata asapnya tidak keluar. Belum ada kepastian penyebab meledaknya rokok elektrik ini, kemungkinan adanya gagal fungsi pada alat penghisapnya, yang namanya alat elektronik tentu kegagalan sistem sering saja terjadi, hp smartphone mahal buatan apple / samsung juga pernah mengalami hal yang sama.


Kejadian ini membuat orang menjadi takut dan ragu dengan rokok elektrik vape yang katanya tidak berbahaya dan menyehatkan ini. Saya hanya memberikan opini lewat fakta diatas saja, selanjutnya anda yang memutuskan, happy vaping..hehe

Amankah Vape (Rokok Elektrik) Sebagai Pengganti Rokok