Inilah Wujud Ngengat Aneh Yang Hebohkan Facebook

Creatonotos Gangis: Spesies Ngengat Aneh Hebohkan Netizen -Video serangga "aneh" yang di unggah oleh user facebook kemarin sempat mendapat bnyak perhatian, setidaknya video ini sudah dibagikan kurang lebih 95rbu kali.

Saya sendiri sewaktu melihat video itu sempat heboh, woah..!!, terkejut, kagum, sekligus ngeri hehe. 20an tahun raga ini bernyawa, baru kali ini melihat bentuk serangga seperti itu.

Ngengat aneh bikin heboh facebook
Ngengat aneh bikin heboh facebook

Pengguna facebook yang mengupload video beserta gambar serangga aneh ini berasal dari indonesia, tepatnya dari daerah kebumen, namun orang-orang yang berkomentar tidak hanya dari dalam indonesia saja malahaan didominasi oleh bule-bule yang penasaran, bahkan ada yang menganggap itu hanya editan.

Ngengat Arctiidae Creatonotos Gangis

Sebenarnya saya juga penasaran akan wujud makhluk ciptaan Tuhan yang satu ini, setelah membaca komentar dari beberapa orang, saya mendapatkan clue untuk searching di google, "creatonotos gangis".

Arctiinae Creatonotos Gangis
Arctiinae Creatonotos Gangis

Dari wikipedia.org, merupakan spesies ngengat Arctiidae yang banyak ditemukan di Asia Tenggara dan Australia. Penyebaran ngengat ini di asia meliputi wilayah Jepang, India, Indonesia, china, thailand, dan papua nugini. Ini mungkin yang membuat para bule eropa dan amrik sedikit heboh melihat ngengat ini.

Peta Penyebaran Creatonotos Gangis di Indonesia (Papua)

Ciri-ciri Ngengat Creatonotos Gangis

Sayap belakang akan berwarna putih ketika ngengat ini dewasa, warna kecoklatan pada sayap depan juga menjadi ciri khasnya, masing-masing berupa garis gelap, yang mempunyai lebar sayap kurang lebih 4 cm.
Ciri-ciri Creatonotos Gangis

Pada bagian perut tampak berwarna merah namun ada kalanya juga berwarna kuning. Induk dari ngenat ini meletakan telur yang berbentuk bulat dan berwarna kuning di daun makanannya.

Larva dari Ngengat Creatonotos Gangis

Sebelum bermetamorfosis menjadi ngengat, mahkluk ini berwujud ulat berwarna coklat dengan bulu dan garis dibagian belakangnya.

Inilah Wujud Ngengat Aneh Yang Hebohkan Facebook