Waspadah Modus Penipuan Lewat Saluran BBM

 Modus Penipuan Lewat Saluran BBM - Saya dapat menebak aplikasi apa yang terpasang pada smartphone anda. Hampir semua pengguna smartphone terutama hp android pasti punya aplikasi chating bbm. Meskipun saat ini banyak aplikasi chating baru dengan beragam fitur yang ditawarkan, namun hal itu tidak dengan mudah membuat para pengguna setia bbm berpidah hati. Selain tampilannya yang simple, bbm juga tidak memerlukan memori hp yang banyak untuk menjalankannya. Untuk bersaing dengan aplikasi messenger lain yang kaya fitur, bbm juga banyak berinovasi, salah satu inovasinya adalah Saluran BBM.

channel bbm
promosi saluran bbm
Apa itu saluran bbm?, saluran BBM atau Blackberry Messenger Channel merupakan salah satu dari layanan bbm yang fungsinya sebagai sarana tempat untuk mempromosikan suatu merek dagang atau jasa. Tugas sang pembuat saluran bbm adalah membuat konten berupa promosi lalu dibagikan lewat saluran bbm-nya, sehingga para pengguna bbm yang sebelumnya sudah bergabung dengan saluran tersebut dapat melihat apa yang dipromosikan oleh si pembuat saluran. 

Bagaimana Cara Bergabung atau Membuat Saluran Channel BBM

Fitur yang ditawarkan pada saluran bbm Kurang lebih sama seperti fitur fanpage yang ada pada media sosial facebook. Untuk user yang sudah tergabung dalam suatu channel, dapat melihat, membagikan, atau mengomentari postingan dari orang, merek, atau layanan jasa dari  channel yang diikutinya. Tertarik untuk mencoba bergabung atau ingin membuat saluran bbm anda sendiri?, berikut tutorialnya.

Bergabung dengan saluran BBM

  1. Tap icon saluran atau pilihan lanjutan > icon saluran
  2. Cari saluran yang hendak diikuti
  3. Diharapkan anda meninjau dulu slaurannya, ketuk Pratinjau
  4. Lalu silahkan ketuk icon gabung saluran.
Mempromosikan produk atau jasa lewat saluran bbm memang sangat efektif, mengingat pengguna bbm saat ini yang cukup banyak di indonesia dan bahkan dunia. Anda (pemilik channel) dapat langsung berinteraksi dengan konsumen lewat saling berkomentar. Dimungkinkan anda dapat merubah serta memperbaharui nama, foto profil, dan status pada saluran bbm. Berikut cara membuat saluran bbm.

Cara Membuat Saluran BBM

  1. Tap / Ketuk Buat Saluran
  2. Lengkapi bidang atau data-datanya
  3. Pastikan untuk menyetujui komentar sebelum ditambahkan ke saluran anda, centang kotak Setuju komentar peserta. Pilih kotak centang Saluran Privat untuk mencegah orang bergabung dengan saluran Anda tanpa undangan.
  4. Jika sudah, saluran anda siap dibuat, kilk Buat.
Adanya fitur gartis dari bbm ini membuat para produsen atau pedagang sangat terbantu dalam mempromosikan produk barang dan jasanya. Namun sayang sekali, ada juga onkum-onkum tertentu yang memanfaatkan fitur saluran bbm untuk melaksanakan niat jahatnya, seperti menipu atau juga untuk kegiatan hacking. Saya sendiri akhir-akhir ini sering menerima ajakan untuk bergabung dengan suatu channel "ngk jelas".

Waspadah Modus Penipuan Channel BBM Palsu

Memang sih konten yang ditawarkan oleh channel palsu ini sangat menarik, diataranya berupa cara atau trik untuk berinternet gartis tanpa kuota, atau iject bbm atau apalah itu namanya. Pasti anda pernah mendapat undangan untuk join channel bbm seperti ini, yang saya lakukan adalah menolak untuk masuk ke saluran tersebut, saran saya bagi anda yang sudah terlanjur join dengan saluran tersebut untuk segera tinggalkan saluran bbm itu untuk menghindari modus penipuan baru, atau pencurian data pribadi anda.
saluran bbm penipu
channel bbm palsu
Untuk lebih amannya, leave dari channel abal-abal tersebut, uninstal (yang sudah terlanjur join) aplikasi bbm anda, download lalu instal bbm baru dari play store. Yang masi bingung bagaimana cara untuk berhenti mengikuti channel palsu ini, berikut tutorial cara leave saluran bbm.



 

Semoga pihak dari blackberry segera memblokir channel atau saluran seperti ini, karena hal ini sangat mengganggu juga akan menimbulkan kasus penipuan atau modus kejahatan lainnya yang kemungkinan bisa saja terjadi, mengingat para pengikut channel palsu ini sudah sangat banyak. Bagi pembaca, sekiranya berpikir dua kali dulu sebelum menerima dan bergabung dalam channel bbm. Terima kasih telah berkunjung di blog e-lifestyles.

Waspadah Modus Penipuan Lewat Saluran BBM